Banyak destinasi wisata alam Indonesia yang belum tersentuh. Sehingga pesona yang disuguhkan begitu natural dan eksotik. Mulai dari pantai, danau, laut, gunung, dan air terjun yang memiliki obyek wisata dengan keindahannya masing-masing. Hal ini tentu, membuat para pengunjung terkagum-kagum akan keelokannya.

Terpesona Jernihnya Danau Weekuri

Destinasi Wisata Danau Weekuri

Salah satu destinasi wisata dengan pesona alamnya yakni danau Weekuri di Desa Kalena Rongo, Kodi Utara, Sumba Barat Daya. Tempat ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang menyukai wisata alam natural.

  • Keunikan Danau Weekuri

Di danau Anda akan temukan beberapa titik sumber air yang dapat membuat gradasi warna danau jadi lebih variatif, bahkan airnya pun terasa hangat dan dingin. Keunikan ini tentu sangat jarang ditemukan di danau lain yang ada di Indonesia.

Adanya kandungan air payau dan asin membuat warna danau Weekuri jadi hijau kebiru-biruan. Karena danau ini dibentuk dari percikan air laut yang melewati celah-celah batu karang dan terbentuklah laguna tersendiri. Arti kata Weekuri sendiri ialah air percikan.

  • Menempuh Lokasi Danau Weekuri

Tempat Danau Weekuri sendiri cukup tersembunyi sebab tertutup hutan rindang, semak-semak serta tebing karang, hingga membuat suasana di sekitar danau terasa nyaman dan masih asri. Walaupun butuh perjuangan lebih untuk ke sana, tapi dengan panorama alamnya semua terbayar.

  • Akses Ke Lokasi

Untuk mengakses lokasi danau terbilang cukup sulit, karena belum banyak transportasi umum dan danau Weekuri ini jauh dari perkotaan. Jarak ke ibu kota Tambolaka sekitar 60 km. Untuk menuju ibu kota gunakan jalur udara, sedangkan pergi ke danau melalui darat dengan menyewa mobil atau motor.

  • Waktu yang Pas Menikmati Keindahan Danau Weekuri

Sekita pukul empat sore merupakan waktu yang tepat untuk mengunjungi Danau Weekuri, karena pada waktu tersebut matahari condong ke arah barat, hingga warna langit akan memantulkan cahayanya ke danau. Pengunjung pun bisa menikmati sun set dari puncak bukit karang.

Dikarenakan fasilitas yang belum memadai, Anda perlu menyiapkan segalanya termasuk makanan dan minuman saat mengunjungi danau. Terlepas dari semua itu kejernihan air dan keindahan alami danau membuat pesonai yang tak terlupakan.