Menyusun estetika media sosial menjadi kebutuhan akhir-akhir ini, ada yang memamerkan dengan latar panorama alam, minimalis, etnis, keramaian, dan lain sebagainya. Untuk yang tertarik menggunakan latar etnik, Anda wajib sekali mengunjungi rumah kunodari bambu dengan atap yang unik di kampung adat Ratenggaro. Lokasinya berada di Umbu Ngedo, Kodi Bangedo, Sumba Barat Daya, NTT.

Bangunan rumah kuno Ratenggaro terbuat dari bambu, dan atapnya unik meninggi dengan gaya yang khas. Jangan aneh, bila di depan rumah ada kuburan megalitik yang menjadi khas kampung adat di Sumba yang akan sering dijumpai. Hilangkan pikiran bahwa akan terasa seram, kuburan megalitik malah akan menambah kesan sakral pada setiap foto Anda.

Rumah Kuno dari Bambu dengan Atap yang Unik di Desa Ratenggaro

Tips Mengunjungi Rumah Kuno Ratenggaro

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk melancong ke rumah kuno Ratenggaro ini, agar tidak menyesal.

Kamera yang Memadai
Sayang sekali bila sudah berkunjung namun lupa mengambil gambar, agar lebih memuaskan bawalah kamera yang memadai. Siapkan memori berkapasitas besar serta pastikan baterai terisi penuh.

Mencari referensi foto
Hal yang sering dilupakan ialah mencari referensi foto, padahal dengan mencari tahu mengenai tetek bengek yang akan dikunjungi memudahkan dalam membuat agenda yang harus dilakukan di lokasi. Menyeleksi latar seperti apa yang akan diambil sampai memilah pose yang pas dengan tema etnis yang disuguhkan rumah kuno dari bambu dengan atap yang unik di desa Ratenggaro.

Mengunjungi Kanal Informasi
Langsung saja cari informasi sebanyak mungkin di internet mengenai seluk beluk budaya Ratenggaro. Persiapan informasi ini akan memudahkan saat berkomunikasi dengan warga lokal di perkampungan adat Ratenggaro. Bila dirasa informasi terlalu bias, langsung saja bertanya ke pemandu wisata di lokasi.

Outfit yang Sesuai
Jangan sampai salah kostum bila akan foto, lebih baik siapkan kostum yang selaras agar foto makin maksimal. Eits, tidak perlu khawatir jika Anda tidak mempunyai kostum ala-ala etnik. Di Sumba banyak yang menjual baju adat, bahkan ada persewaan yang bisa digunakan untuk sekadar foto.

Properti
Pastikan properti yang digunakan sesuai terhadap tema, latar yang dipilih, dan kostum. Apabila memutuskan akan menggunakan properti di lokasi, Anda bisa memanfaatkan kuda yang bisa disewa untuk foto di Ratenggaro.

Pemandangan alam yang tak kalah menawan, menjadi pelengkap yang sempurna di komplek rumah kuno Ratenggaro. Hamparan rerumputan hijau yang terawat, serta luasnya samudra tenang yang bisa dinikmati dari atas. Sudah banyak selebriti dalam negeri maupun luar negeri yang mengunjungi rumah kuno Ratenggaro, mencari informasi budaya, maupun hanya mencari latar foto yang estetis.
Referensi Foto Rumah Kuno Ratenggaro

Beberapa referensi foto di rumah kuno Ratenggaro ditayangkan oleh para selebriti yang bisa Anda amati, seperti selebgram dengan akun @rachelvenya yang menggunakan tema etnik Sumba untuk foto kehamilannya, atau yang baru-baru ini selebgram Karin Novilda atau yang lebih dikenal dengan @awkarin mengunggah foto di atas kuda menggunakan pakaian adat khas Sumba.

Unik bukan? Namun sebenarnya hal yang bisa dilakukan selain untuk berfoto adalah Anda juga bisa belajar, penelitian, membuat video klip ala folk, mencari inspirasi menulis dan sebagainya. Tak perlu ragu dan bimbang, berkunjung ke rumah kuno Ratenggaro akan membuat pikiran tenang dan badan terasa ringan, cocok untuk para pencari tempat wisata unik, asyik, nan syahdu.