malaysia

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dan tentu saja pulau-pulau di Indonesia sangat cantik, salah satunya adalah pulau Sumba. Banyak orang salah mengira bahwa Pulau Sumba dan Pulau Sumbawa adalah pulau yang sama, Pulau Sumba terletak di Nusa Tenggara Timur, sedangkan Pulau Sumbawa terletak di Nusa Tenggara Barat. Daerah yang terkenal di Pulau Sumba adalah Sumba Barat Daya dan Sumba Timur.
Bandara pun terletak pada kedua daerah ini yaitu Bandara Tambolaka di Sumba Barat Daya dan Bandara Umbu Mehang Kunda di Sumba Timur. Penerbangan menuju Sumba bisa melalui Jakarta-Kupang-Sumba atau Jakarta-Bali-Sumba.

Kali Ini Kami Akan Membagi Tips-Tips Untuk Berpergian Ke Sumba

Tips yang pertama adalah sebelum pergi ke Sumba ada baiknya mengunjungi website sewamobildisumba.com yang dikelola oleh Pinkgo Trans Sumba. Website ini menyediakan banyak info yang berguna dalam perencanaan liburan anda. Salah satunya adalah info penyewaan mobil. Tetapi bila anda ingin yang lebih praktis, anda bisa melihat menu paket tour yang disediakan mulai dari 3 hari tour hingga 6 hari tour. Anda bisa melihat foto-foto destinasi wisata yang ingin anda kunjungi selama liburan di Pulau Sumba. Untuk memesan penyewaan mobil maupun paket tour, anda bisa langsung menghubungi nomor telepon yang tertera di website kami .

Tips yang kedua adalah pastikan anda memesan tiket pesawat untuk pergi ke Pulau Sumba. Bila melalui darat, perjalanan akan memakan banyak waktu hingga 3 hari, jadi akses yang paling cepat ialah dengan pesawat. Kami menyarankan untuk memakai maskapai Sriwijaya Air atau Garuda Indonesia. Anda bisa datang melalui Bandara Tambolaka dan pulang melalui Bandara Umbu Mehang Kunda.

Tips yang ketiga adalah tempat menginap. Hotel yang bisa kami rekomendasikan di daerah Sumba Barat Daya adalah Hotel Ella dan Hotel Sinar Tambolaka. Kedua hotel ini adalah city hotel, jadi bila anda Ingin menginap di hotel yang memiliki kolam renang anda bisa mencoba Rua Beach Resort. Sementara untuk rekomendasi hotel di Sumba Timur, yaitu Hotel Tanto dan Hotel Padadita. Bagi anda yang memiliki budget terbatas, kami menyarankan Baim Home Stay.

Tips yang keempat yaitu rekomendasi tempat wisata di Sumba. Kali ini kami akan merekomendasikan tempat yang bisa anda kunjungi dalam 5 hari dan empat malam. Di hari pertama anda bisa mengunjungi Weekuri Lagoon. Weekuri Lagoon berlokasi di Sumba Barat Daya. Weekuri berarti percikan dalam Bahasa Sumba. Ini dikarenakan Weekuri Lagoon terbentuk dari percikan air laut yang menembus batu karang.

Lokasi ini sangat indah dengan airnya yang jernih, bila anda memiliki drone, sangat disarankan untuk menerbangkan drone anda di tempat ini dan merekam keindahannya. Rekomendasi tujuan wisata yang kedua ialah Pantai Mbawana. Pantai ini memiliki sebuah karang yang besar dan berlubang seperti membentuk sebuah gapura sehingga memunculkan keunikan tersendiri. Karang berlubang ini sangat cocok untuk dijadikan tempat foto yang untuk instagram anda. Di Hari kedua anda bisa langsung pergi ke Sumba Timur.

Pastikan anda sarapan sebelum berangkat dan jika anda hanya menyewa mobil, pastikan untuk membawa makan siang karena anda akan makan siang di lokasi. Tujuan pertama di hari kedua, anda bisa menuju desa budaya Prai Ijing. Air Terjun Lapopu adalah destinasi kedua di hari ini. Anda bisa menikmati makan siang sambal menikmati keindahan air terjun ini.

Setelah itu anda bisa menuju bukit Wairinding di Sumba Timur. Disediakan penyewaan kuda juga untuk menikmati pemandangan. Setelah itu anda bisa langsung menuju hotel, tapi sebelum itu kami menyarankan untuk makan malam terlebih dahulu. Tempat makan yang bisa kami sarankan yaitu Depot Cak Asmo dengan menu Chinese food, nasi padang dan warung lestari dengan masakan Jawanya dan mister kafe. Destinasi pertama di hari ketiga adalah Air Terjun Tanggedu. Bagi anda yang senang dengan aktifitas menegangkan, anda bisa jumping? Di tiga spot di air terjun ini.

Kami juga menyarankan untuk memakai sepatu yang nayaman, karena akses untuk menuju air terjun ini mengharuskan anda untuk hiking. Di jalan menuju air terun Tanggedu, anda akan melewati savana Puru Kambera. Tempat ini ada di beberapa film. Destinasi terakhir di hari ini ialah Bukit Tenau atau Bukit Seribu. Di hari keempat destinasi pertama adalah Air Terjun Waimarang.

Sekali lagi kami sarankan untuk memakai sepatu yang nyaman karena akan hiking. Setelah itu kita akan pergi ke Desa Rende, disini anda akan banyak menemukan batu yang digunakan untuk kuburan raja. Tempat ini sangat cantik dan sacral. Setelah itu kita akan menuju Pantai Walakiri.

Pemandangan matahar terbenam di pantai ini sangat indah. Banyak orang yang menjadikan pantai ini sebagai tempat untuk mengambil foto prewedding. Waktu yang kami sarankan untuk pergi ke pantai ini adalah dari pukul 4 sore sampai 6 sore.

Kami sangat menyarankan anda membawa makanan dan snack untuk menemani waktu santai anda sambil menyaksikan matahari terbenam. Desatinasi hari pertama, anda bisa mengunjungi Bukit Persaudaraan. Berbelanja di Desa Tenun yang memproduksi Kain Sumba untuk djadikan oleh oleh.

Tips kelima adalah barang bawaan, baju renang, handuk, tabir surya, go pro, drone, kamera, jumlah uang untuk makan 450.000 snack dan air minum juga sangat kami sarankan, dengan total 750.000. tiket masuk wisata 1 juta. Atm sangat jarang jadi sedikanlah uang cash. Provider yang baik adalah simpati ( Telkomsel ).

Kenapa Harus Sumba ?

Pulau sumba merupakan salah satu pulau di indonesia yang sebagian besar masyarakatnya masih memegang erat adat dan budayanya sehingga tidak heran jika anda berkunjung ke pulau sumba, anda akan melihat banyak bangunan bangunan yang terlihat unik seperti bangunan pada masa megalitikum yang dimana bangunan dibuat menggunakan bahan bahan yang alami seperti salah satunya yaitu batu dan kayu.

Salah satu lokasi tempat berdirinya bangunan bangunan unik di pulau sumba salah satunya yaitu di Kampung Adat Praigoli bisa anda kunjungi dengan paket tour sumba 3 hari 2 malam. Kampung Adat Praigoli ini merupakan salah satu kampung atau desa dari suku Praigoli yang dimana masnyarakatnya hidup masih sangat alami yang memegang erat adat dan budayanya tanpa terpengaruh sedikitpun dengan tekhnologi modern. Di Kampung Adat Praigoli terdapat salah satu kuburan tua yang berusia kurang lebih ratusan tahun lamanya yang menjadi salah satu daya tarik dari Kampung Adat Praigoli.

Ketika anda berkunjung ke Kampung Adat Praigoli biasanya anda akan disambut dengan tarian Negu yang merupakan tarian penyambutan dari para wanita masyarakat Kampung Adat Praigoli sedangkan untuk para prianya akan melakukan tari Kataga yang kemudian para tamu akan diberikan sebuah selendang dan kemudian akan dibawa menuju kerumah Taribang yang merupakan rumah induk dari suku praigoli dan kemudian para tamu akan diberikan sirih pinang sebagai sapaan untuk seorang tamu akan diberikan sebuah nama oleh seorang pemilik dari rumah dengan cara hidung saling bersentuhan sebagai salam sumba yang selanjutnya akan ada ritual ritual yang akan dilakukan oleh masyarakat Kampung Adat Praigoli sebagai bagian akhir dari penyambutan para tamu.

Jika anda yang tertarik ingin mengenal masyarakat pulau sumba lebih dalam maka dianjurkan untuk berkunjung langsung ke Kampung Adat Praigoli.