Pulau sumba merupakan salah satu pulau di indonesia yang sebagian besar masyarakatnya masih memegang erat adat dan budayanya sehingga tidak heran jika anda berkunjung ke pulau sumba, anda akan melihat banyak bangunan bangunan yang terlihat unik seperti bangunan pada masa megalitikum yang dimana bangunan dibuat menggunakan bahan bahan yang alami seperti salah satunya yaitu batu dan kayu.

Salah satu lokasi tempat berdirinya bangunan bangunan unik di pulau sumba salah satunya yaitu di Kampung Adat Praigoli. Kampung Adat Praigoli ini merupakan salah satu kampung atau desa dari suku Praigoli yang dimana masnyarakatnya hidup masih sangat alami yang memegang erat adat dan budayanya tanpa terpengaruh sedikitpun dengan tekhnologi modern.

Di Kampung Adat Praigoli terdapat salah satu kuburan tua yang berusia kurang lebih ratusan tahun lamanya yang menjadi salah satu daya tarik dari Kampung Adat Praigoli.

Ketika anda berkunjung ke Kampung Adat Praigoli biasanya anda akan disambut dengan tarian Negu yang merupakan tarian penyambutan dari para wanita masyarakat Kampung Adat Praigoli sedangkan untuk para prianya akan melakukan tari Kataga yang kemudian para tamu akan diberikan sebuah selendang dan kemudian akan dibawa menuju kerumah Taribang.

Yang merupakan rumah induk dari suku praigoli dan kemudian para tamu akan diberikan sirih pinang sebagai sapaan untuk seorang tamu akan diberikan sebuah nama oleh seorang pemilik dari rumah dengan cara hidung saling bersentuhan sebagai salam sumba yang selanjutnya akan ada ritual ritual yang akan dilakukan oleh masyarakat Kampung Adat Praigoli sebagai bagian akhir dari penyambutan para tamu.

Jika anda yang tertarik ingin mengenal masyarakat pulau sumba lebih dalam maka dianjurkan untuk berkunjung langsung ke Kampung Adat Praigoli