Masyarakat pulau sumba memang masih memegang erat adat dan budayanya sehingga tidak heran jika anda berkunjung ke pulau sumba, anda akan melihat banyak bangunan bangunan yang terbilang unik karena bangunan bangunan dibuat dengan bentuk yang berbeda dari bangunan bangunan yang banyak ditemuai di dearah lainnya. Salah satu lokasi di pulau sumba yang memiliki bangunan yang unik yaitu di Kampung Praijing.

Kampung Praijing merupakan salah satu kampung adat di pulau sumba dengan tataan rumah dan bentuk rumah yang unik, rumah di kampung praijing dibuat dengan menggunakan bahan alam yaitu batu dan kayu yang dimana didinding setiap bangunan menggunakan kayu dan atap terbuat dari rumbai.

Melihat Uniknya Rumah di Kampung Praijing

Rumah di kampung praijing di buat menjad I tiga bagian yang dimana memiliki fungsi yang berbeda beda seperti Lei Bangun atau kolong rumah sebagai tempat memlihara hewan ternak, Rongu Uma atau tingkat kedua yang merupakan tempat untuk tinggal sedangkan Uma Daluku atau loteng dibuat sebagai tempat untuk menyimpan makanan dan berbagai macam benda pusaka dari masyarakat kampung praijing.

Pada bagian atap rumah telah dilengkapi dengan semacam tiang berukir yang berfungsi sebagai pintu pembeda antara pintu para lelaki dan pintu para perempuan. Yang biasanya pintu para lelaki digunakan oleh para kepala keluarga atau yang biasa di sebut dengan ayah untuk masuk ke dalam rumah sedangkan pintu perempuan digunakan oleh para perempuan atau ibu untuk pergi berbelanja keperluan rumah tangga.

Kampung praijing merupakan salah satu kampung yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena masyarakat kampung praijing sudah terbiasa dengan kedatangan para pengunjung atau wisatawan baik wisatawan dari dalam negeri hingga wisatawan asing sehingga tidak heran jika anda berkunjung ke kampung praijing anda akan disambut dengan baik oleh masyarakat di sana.

Jika anda ingin berkunjung ke kampung praijing sebaiknya anda menggunakan jasa pemandu agar anda dapat lebih mudah untuk berkomunikasi dengan masyaraakat di sana. Untuk menyewa jasa pemandu wisata, anda dapat menghubungi nomor kontak yang tersedia dan anda juga dapat menyewa mobil yang lengkap dengan sopirnya untuk menemani liburan anda selama di pulau sumba.