Kalau anda pernah membayangkan keindahan Kahyangan, maka Anda harus mencoba berenang di danaunya para malaikat. Bayangkan bermain air dengan menikmati suasana bak di surga. Pesona alam Sumba memang tidak bisa ditampik lagi. Wisata budaya serta alamnya sudah terkenal sampai mancanegara, namun tahukah Anda dengan danau para malaikat ini?

Air danau sangat jernih dan mampu membuat perenang mengambang karena kadar garam yang cukup tinggi akibat masuknya air laut melalui celah tebing. Dasar danau yang dangkal didominasi pasir putih pantai. Sedangkan di bagian air danau yang dalam terdapat karang serta koral. Menariknya, tebing pembatas laut dan danau tidak menjadi halangan bagi biota laut untuk menyebrang ke laguna.

Danau Terbiru di Indonesia  Laguna Weekuri

Keajaiban Warna Danau Malaikat Laguna Weekuri

Anda akan dimanjakan pemandangan apik komposisi warna air yang mengikuti pantulan sinar matahari. Saat pasang dan matahari sedang terik-teriknya, air danau tampak biru kehijauan. Dengan permukaan warna indah yang silih berganti dan suasananya yang sunyi, Danau Malaikat Laguna Weekuri juga cocok difungsikan sebagai tempat berkontemplasi.

Persiapan Sebelum Berangkat

Jangan khawatir, meskipun untuk menuju Danau Malaikat Laguna Weekuri memang relatif jauh dari pusat kota namun setelah sampai kelelahan itu akan terbayarkan. Ada beberapa tips yang bisa dijadikan referensi sebelum berangkat ke danau malaikat ini, simak ya,

Kendaraan dengan Kondisi Prima
Jalanan tidak selamanya mulus, selain sebagian beraspal pada akhirnya akan menemui jalan yang hanya terbentuk dari tanah keras. Sehingga butuh kendaraan prima dengan bahan bakar yang memadai. Misal Anda datang dari luar pula, bisa langsung mencari sewa kendaraan untuk menuju tempat ini.

Bekal Makanan yang Cukup
Beda dengan tempat wisata lain yang ramai penjual, Danau Malaikat Laguna Weekuri sangat minim penjual. Agar tidak kelaparan setelah sampai di Weekuri siapkan dulu bekal yang cukup terutama air minum ya. Ingat, dilarang buang bungkus bekal sembarangan. Biarkan danau ini tetap indah bak danaunya para malaikat.

Kamera
Awas, jangan sampai Anda lupa bawa kamera. Banyak spot foto yang bisa dimanfaatkan dengan gaya foto menyesuaikan. Kalau Anda ingin pose di bawah air jangan lupa bawa kamera tahan air ya, selain itu pose foto di sekitaran laguna juga bagus kok. Seperti di atas jembatan bamboo yang sudah tersedia di sekitaran laguna.

Teropong
Pasti Anda bertanya-tanya, mengapa teropong. Alasannya ialah, selain menikmati air laguna Anda juga bisa menikmati pemandangan laut dari atas tebing. Kalau beruntung, Anda akan disuguhi atraksi lumba-lumba berlompatan. Teropong kecil sangat membantu menyaksikan lumba-lumba yang jaraknya cukup jauh.

Baju Ganti
Ini yang paling penting jangan sampai kelupaan, tujuannya berenang namun lupa membawa baju ganti kan lucu. Selain itu bila Anda hanya ingin berjemur, jangan lupa bawa sun block. Semua perlengkapan berenang jangan sampai kelupaan.

Sandal
Sandal akan berguna buat Anda yang suka menjelajah di antara pepohonan sekeliling laguna, jalurnya tinggal mengikuti jalan setapak yang ada. Membutuhkan sedikit usaha untuk naik tebing, namun sebanding dengan flora yang akan Anda temui. Jenis flora yang ada lebih beragam, dari asli Indonesia serta sebaran dari Australia

Buah-buahan
Salah satu komponen empat sehat pasti luput dari persiapan, buah ini berguna untuk mengurangi dehidrasi pasca berenang, foto, maupun menjelajahi pepohonan atas tebing. Utamanya persiapan ketika di atas tebing bertemu kawanan monyet yang kelaparan.