Serimbun hutan, serimbun kenangan yang tercetak di area air terjun Matayangu. Sepotong keindahan alam Sumba tampak pada uniknya air terjun ini. Air terjun Matayangu terletak di desa Manurara kecamatan Katikutana, masih di dalam Taman Nasional MaTaLaWa (Manupeu Tanah Dari dan Laiwangi Wanggameti), Sumba Tengah. Untuk dapat menikmatinya Anda harus menembus ke dalam rimba.

Jalan setapak sepanjang hutan Taman Nasional MaTaLawa mengantarkan kaki ke beberapa air terjun tersembunyi nan elok, salah satunya air terjun yang sayang untuk dilewatkan. Menempuh perjalanan kurang lebih satu jam membelah hutan, Anda diharapkan menyiapkan kondisi prima, namun lelah itu akan terobati dengan air terjun Matayangu yang siap untuk direnangi.

Air Terjun Matayangu Paling Unik di Sumba

Keunikan Air Terjun Matayangu

Aliran air terjun Matayangu dihiasi bulatan batu yang seakan membetuk gugusan indah, diantara celahnya mengalir jernih air yang sangat eksotis. Apa saja keunikan lainnya?

  • Surga Flora

Taman Nasional MaTaLaWa memang menjadi surganya flora di Sumba, memiliki banyak jenis tanaman yang bisa dijumpai sepanjang menuju air terjun Matayangu, Terdapat 118 flora bernilai tinggi yang tumbuh subur sepanjang kawasan hutan. Bila beruntung, Anda akan menjumpai edelweiss di sabana sebelum masuk di kawasan hutan primer.

  • Surga Fauna

Selama perjalanan menerobos kawasan hutan, di antara pepohonan raksasa akan terdengar alunan cuitan burung endemik Sumba. Adapula burung endemik yang hanya bisa ditemui di hutan ini yang keberadaannya langka dan terancam punah, burung julang Sumba dan kakatua jambul ungu. Selain itu bila musimnya pas, akan ditemui pula ratusan jenis kupu di sekitar air terjun Matayangu.

Air terjun Matayangu cocok bagi yang suka berenang maupun bagi yang hanya ingin bermain air. Kedalamannya beragam, di bawah air terjun cenderung dalam namun semakin ke aliran sungainya akan mulai dangkal.

  • Sumber Air 

Keunikan yang mencolok dari air terjun Matayangu ialah sumber air terjunnya. Di musim kemarau, air terjun tetap mengalir dan memenuhi kolam di bawahnya, karena sumber airnya muncul dari mulut goa di tebingnya. Saat musim hujan datang, aliran sungai di atas tebing menambah riuhnya air yang dilontarkan, menambah rancaknya musik alam yang terbentuk.

  • Kerjenihan Air

Air yang tertampung sangat jernih, bahkan saat matahari sedang terik airnya menjadi Nampak biru keungu-unguan. Saat dibidik dengan kamera, biru sempurna mampu menghipnotis siapapun yang menyaksikan gambar air terjun Matayangu. Menyulut hasrat berenang di bawah air terjun kian menjadi. Tidak perlu menunda lagi untuk menikmati berenang di jernihnya air terjun Matayangu.

Masyarakat dan Air Terjun Matayangu

Mitos-mitos yang terbentuk di masyarakat sekitar air terjun Matayangu menjadi daya tarik yang berbeda dengan obyek wisata Sumba laiinya. Masyarakat menjadikan air terjun Matayangu sebagai tempat ibadah, karena menurut mereka di sana bersemayam roh para leluhur. 

Konon, air terjun Matayangu memberikan bunyi-bunyian tertentu sebagai tanda singgahnya roh leluhur serta tanda bila ada masyarakat lokal sekitar yang akan meninggal dunia. Menurut cerita, terdapat satu titik kolam air terjun yang jarak dasarnya tidak diketahui.

Jangan kaget bila saat mengunjungi air terjun Matayangu, Anda didampingi oleh masyarakat lokal. Bukan untuk penjagaan yang bersifat mistis, malah mendampingi Anda sebagai informan lokal yang memiliki sejuta cerita menarik. Tetap jagalah keasrian dengan tidak membuang sampah sembarangan serta hargai aktifitas natural yang ada di air terjun Matayangu tersebut.