Pantai Watu Parunu memang jauh, kira-kira 136 Kilometer dari pusat kota Waingapu. Dalam bahasa Sumba, watu berarti batu, sedangkan Parunu berarti merunduk. Susunan tebing yang tebal, kokoh, dan besar, menyisakan relung-relung di bawahnya yang baru bisa dilewati dengan cara menunduk. Oleh karena itu masyarakat setempat menyebutnya Pantai Watu Parunu.

Pantai Watu Parunu terletak di Desa Lain Janji, Kecamatan Wulla Waijelu, Kabupaten Sumba Timur. Pasir putih di Pantai Watu Parunu sangat lembut dan halus. Eksotika Pantai Watu Parunu tidak dapat diragukan lagi, sebab pantai ini pernah menjadi setting untuk salah satu adegan action film ‘Pendekar Tongkat Emas’ yang dibintangi oleh Nicholas Saputra pada tahun 2014.

Air Biru Jernih Dengan Pasir Putih Lembut di Pantai Watu Parunu

 

Air Biru Jernih dan Pasir Putih yang Lembut

Pulau Sumba memang menyimpan banyak mutiara alam, salah satunya adalah Pantai Watu Parunu. Selain jajaran tebing putih yang berkilau perak, ada faktor lain yang menyebabkan Pantai Watu Parunu wajib untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Adapun faktor tersebut antara lain:

  • Air Biru yang Jernih

Ombak laut di Pantai Watu Parunu cenderung ramah, tidak seganas pantai-pantai selatan pulau Jawa. Riak air berwarna putih jarang sekali terlihat karena ketenangan air laut. Kedalaman air laut pun cukup aman digunakan untuk berenang. Setiap sinar matahari menyapu permukaan air, warna biru air laut akan berkilauan, menimbulkan spektrum warna hijau yang menenangkan.

  • Pasir Putih yang Lembut

Semua pantai berpasir putih selalu menjadi idaman pelancong. Maka sudah selayaknya Pantai Watu Parunu diletakkan sebagai prioritas destinasi wisata. Butiran pasir putih Pantai Watu parunu terasa sangat lembut, bahkan begitu mulus. Butir-butir pasirnya sangat kecil, sehingga cukup mudah untuk dibilas atau dibasuh dengan air tawar setelah berlarian di bibir pantai.

  • Susunan Tebing Perak

Sebagai tambahan dari faktor air biru laut yang jernih dan pasir putih pantai yang halus, Pantai Watu Parunu juga menawarkan satu aksesoris lain yang tak kalah menarik, yaitu tebing perak. Anda akan melihat deretan tebing perak gagah di sepanjang garis pantai. Posisi tebing terletak di sebelah kanan pantai. Setiap dinding tebing penuh pola seperti sengaja diukir manusia.

  • Karang Berlubang

Ada satu batu karang yang menjadi alasan kenapa pantai ini dinamakan Pantai Watu Parunu. Batu karang tersebut tidak kalah fenomenal dengan pemandangan tebing-tebing pantai. Jika beruntung karena laut yang sedang surut, Anda dapat melihat batu karang ini yang celahnya bisa dengan aman Anda lewati.

Persiapan Menuju Pantai Watu Parunu

Sebelum berangkat meneguk rasa takjub akibat memandang Pantai Watu Parunu, jangan sampai Anda melewatkan beberapa poin persiapan penting yang wajib dilengkapi. Beberapa kelengkapan kecil yang wajib Anda penuhi tersebut diantaranya adalah:

  • Cek Kondisi Kendaraan

Jarak sejauh 136 Kilometer tentu saja tidak dapat dikatakan sebagai jarak yang dekat. Akan lebih baik jika sebelum berangkat terlebih dahulu Anda mengecek kondisi kendaraan, mulai dari BBM hingga kondisi ban. Namun, jika Anda datang bersama agen wisata, maka tidak perlu terlalu khawatir.

  • Baterai Gadget Terisi Penuh

Sebagai seorang wisatawan atau traveler, mustahil Anda membiarkan kecantikan Pantai Watu Parunu sekadar mengendap dalam kenangan. Bagikan kemolekan Pantai Warunu ke dunia internasional dengan mengabadikan momen-momen keberadaan Anda melalui foto atau video yang kemudian diupload ke sosial media milik Anda sendiri.