Pulau Sumba terkenal dengan panorama alamnya yang sangat eksotis. Sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang hobi berpetualang di alam bebas. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata di Pulau Sumba. Sangat sayang apabila Anda tidak melihat betapa eksotisnya Pulau Sumba.

4 Wisata Eksotis di Pulau Sumba

4 Wisata Eksotis di Pulau Sumba

1. Waikelo Sawah
Hamparan persawahan dapat menjadi tempat menarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Sumba. Seperti Waikelo Sawah yang berlokasi di Kelurahan Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi NTT.

Anda yang berkunjung akan mengalami suasana menakjubkan saat berwisata. Bayangkan, kamu dapat menyegarkan pikiran dengan melakukan meditasi di Waikelo Sawah. Tertetak tepat di kaki perbukitan, tempat wisata ini dikelilingi dengan pepohonan rimbun. Anda juga dapat mengambil swafoto dengan latar belakang yang instagramable.

2. Danau Weekuri
Melihat betapa eksotisnya Pulau Sumba dari Danau Weekuri yang dapat ditemukan di Desa Kalenarogo, Kabupaten Sumba Barat Daya. Wisata danau ini sangat menakjubkan karena mata airnya jernih tetapi warnanya hijau kebiru-biruan.

Inilah yang menjadi keunikan Danau Weekuri dibanding yang lainnya karena merupakan perpaduan antara air payau dan air asin. Wisata danau ini juga disebut sebagai laguna yang berasal dari air laut lepas pada kisaran danau.

Pada beberapa titik ditemukan gradasi warna air yakni warna biru kehijau-hijauan dan biru cerah. Suhu air danau pun dapat berubah-ubah dari hangat menjadi dingin atau sebaliknya.

3. Pantai Bawana
Pantai Bawana berada di daerah Panenggo Ede, Kodi Bangedo. Tempat wisata ini terdapat sebuah lengkungan unik, yang mana ada lubang besar pada batu karang dan tampak kokoh berdiri di pesisir pantai.

Wisata pantai satu ini lebih dikenal sebagai surga kecil di tanah timur Sumba. Pemandangan yang ditampilkan sangat indah dan mampu menghilangkan rasa jenuh. Anda dapat menjangkau pantai ini menggunakan kendaraan pribadi dengan memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari Sumba Barat Daya.

4. Air Terjun Waimarang
Mengunjungi air terjun saat berlibur ke Sumba dapat dikatakan sebagai kesempatan berharga. Salah satunya adalah Air Terjun Waimarang terletak di Desa Waimarang, Kabupaten Sumba Timur. Melihat betapa eksotisnya Pulau Sumba dari keindahan Air Terjun Waimarang berhasil mencuri hati wisatawan.
Anda dapat mencapai air terjun Waimarang dengan menempuh perjalanan selama 2 jam, mulai dari Kabupaten Sumba Timur.